Studi tentang perilaku konsumen meliputi suatu studi mengenai bagaimana individu membuat keputusan untuk membelanjakan sumber daya yang dimilikinya dalam usahanya untuk mengkonsumsi jasa. Pemahaman atas perilaku konsumen menunjang keberhasilan program pemasaran suatu perusahaan atau organisasi. Perusahaan perlu menyesuaikan aktivitasnya dalam menyediakan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dengan memahami perilaku konsumen, dapat diketahui hal-hal yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sehingga perusahaan bersangkutan dapat menyusun rencana dan operasi pemasaran yang lebih efektif. Penulis mencoba membantu perusahaan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil analisa korelasi bivariat maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara referensi dengan kesenangan. Sedangkan antara consumer loyalty dengan kepuasan konsumen tidak mempunyai hubungan yang signifikan. |