Perkembangan restoran di Jakarta saat ini sudah semakin menjamur. Seiring dengan berdirinya berbagai macam restoran, semakin tinggi pula persaingan antar restoran dalam memperebutkan pelanggan. Oleh karena itu, restoran menjadi semakin kreatif dalam menciptakan pendekatan tertentu kepada para pelanggannya, termasuk upaya restoran yang sudah berdiri sejak 11 tahun yang lalu, yaitu Kafe Pisa Menteng. Sehubungan dengan hal ini, penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian mengenai analisis pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan di Kafe Pisa Menteng. Untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis menyebarkan 100 kuesioner kepada para pengunjung Kafe Pisa Menteng dengan menggunakan metode conviniencce sampling. Penyebaran kuesioner dilakukan dari tanggal 2 Oktober 2006 sampai dengan 16 Oktober 2006. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan Regresi Linier Sederhana. Setelah dianalisis, penulis memperoleh kesimpulan bahwa Customer Relationship Management (CRM) berpengaruh terhadap loyalitas konsumen di Kafe Pisa Menteng sebesar 81,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. |