Pada saat ini banyak perusahaan yang menyediakan beton mix yang berdiri dan berkembang sangat pesat sehingga menimbulkan tingkat persaingan yang cukup tinggi. PT Dewa Beton adalah salah satu perusahaan yang menyediakan beton mix dan beroperasi di Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat hubungan dari kepercayaan, pertalian, timbal balik dan empati (yang merupakan bentuk dari relationship marketing) terhadap kepuasan pelanggan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 30 responden yang menjadi pelanggan PT Dewa Beton. Sedangkan untuk metode analisis data, penulis menggunakan metode koefisien korelasi berganda. Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi berganda maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kepercayaan, pertalian, empati dan timbal balik terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai R sebesar 91,9% yang menyatakan bahwa hubungan yang ada kuat. |