Saat ini ada banyak jenis industri sepatu di Indonesia, antara lain sepatu kulit, sepatu anak-anak, sepatu olahraga dan sepatu kasual. Diantara semua jenis industri sepatu tersebut, industri sepatu kasual merupakan jenis industri sepatu yang paling berkembang dan paling banyak pangsa pasarnya. Sepatu kasual merupakan jenis sepatu yang mempunyai banyak fungsi, misalnya digunakan untuk jalan-jalan, untuk sekolah dan untuk kepesta, sehingga banyak diminati oleh masyarakat. Sehubungan dengan hal ini, banyak perusahaan memasarkan produk sepatu kasual. Hal ini berdampak pada tingginya tingkat persaingan. Berdasarkan kondisi ini, penulis melakukan penelitian dengan judul : Analisis Pilihan Konsumen Terhadap Produk Sepatu Kasual NIKE atau ADIDAS (Studi Kasus di Universitas AtmaJaya). Untuk mengumpulkan data, penulis menyebarkan kuesioner kepada 100 mahasiswa, angkatan 2005, 2006, di UNIKA Atma Jaya dengan metode convenience sampling. Untuk menganalisis data digunakan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon, dan perhitungan OMS (Overall Mean Score) Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen (responden) memilih sepatu kasual ADIDAS dari pada sepatu kasual NIKE. Atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen (responden) dalam memilih sepatu kasual ADIDAS adalah nyaman dipakai, kualitas produk baik dan desain (model) menarik. Sedangkan atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen (responden) dalam memilih sepatu kasual NIKE adalah nyaman dipakai, mudah didapatkan dan kualitas produk baik. |