Penulisan Skripsi ini dimaksudkan untuk menjelaskan tentang strategi segmentasi pasar yang dilakukan oleh PT Excelcomindo Pratama Tbk. Di dalam menyikapi persaingan pasar penyelenggara layanan telepon selular di wilayah DKI Jakarta. Permasalahan pada penelitian ini adalah segmen pasar pengguna jasa telepon selular di wilayah DKI Jakarta, Faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih operator, dan strategi pemasaran PT Excelcomindo Pratama Tbk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, pengamatan terlibat, dan wawancara tidak terstruktur, serta studi kepustakaan. Dengan dilandasi oleh kerangka teori dan data yang terkumpul maka dilakukan pembahasan permasalahan dengan menggabungkan keduanya bersama pemaknaan peneliti. Pada akhirnya, kesimpulan pada Skripsi ini adalah menjawab permasalahan penelitian yaitu (1) segmen pasar selular di Jakarta dikuasai oleh tiga besar provider yaitu Telkomsel, Indosat, dan XL; (2) Faktor yang mempengaruhi konsumen memilih operator adalah penerapan teknologi dan perilaku konsumen; dan (3) strategi yang diterapkan oleh PT Excelcomindo Pratama Tbk. Adalah BTL (below the line) yaitu strategi yang berbasis kepada konsumen. |