Dalam era globalisasi sekarang ini, usaha otomotif makin marak dan persaingannya pun semakin kompetitif. Hal ini menyebabkan kepuasan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan menjadi lebih penting dibanding kepuasan produsen. Apabila konsumen merasa puas akan suatu produk dan pelayanan, khususnya pelayanan purna jual, maka terdapat besar kemungkinan konsumen tersebut melakukan pembelian ulang (rebuying) terhadap produk perusahaan tersebut. Oleh karena itu, penulis ingin menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap layanan purna jual di PT Indomobil Suzuki Internasional cabang Radio Dalam. Penelitian dilakukan secara acak terhadap 100 pelanggan bengkel Suzuki cabang Radio Dalam. Penulis melakukan penelitian dengan cara menyebarkan angket (questionaire). Data yang diperoleh dari angket tersebut dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata (Mean Score) dan nilai rata-rata total (Overall Mean Score) dari masing-masing variabel untuk mengetahui rata-rata kepuasan konsumen. Setelah semua data yang diberikan responden dianalisis, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa rata-rata pelanggan merasa cukup puas terhadap pelayanan purna jual dari PT Indomobil Suzuki Internasional cabang Radio Dalam. Sedangkan saran yang dapat diberikan penulis kepada pihak Suzuki yaitu agar ditingkatkan terus kualitas pelayanannya melalui pelatihan, baik karyawan administrasi maupun mekanis, serta meningkatkan kebersihan dan kenyamanan di ruang tunggu. |