Kepuasan pelanggan adalah merupakan suatu hal yang sangat penting untuk setiap perusahaan karena tanpa adanya kepuasan konsumen, perusahaan akan sulit untuk bertahan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. PT IDE ini merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri tangki baik untuk rumah tangga maupun untuk elektronik. Jadi, guna merebut serta mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar, maka salah satu usahanya ialah dengan terus menerus memenuhi kebutuhan konsumen agar tetap puas. Dalam dunia perdagangan dewasa ini, persaingan semakin ketat. Banyak perusahaan bersaing untuk menjual produknya dengan harga yang murah dan kualitas yang baik. Atas dasar ini, penulis mencoba untuk membantu perusahaan dalam menganalisis segi mutu produk, harga serta promosi dan pelayanan kepada konsumen. Dalam rangka mencapai kepuasan konsumen, perusahaan harus mampu mengetahui dan melaksanakan faktor-faktor yang dianggap penting oleh konsumen. Faktor-faktor tersebut dapat diketahui melalui suatu penelitian dengan memakai analisa Diagram Kartesius. Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner terhadap 10 responden, dimana pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan 4P dan pelayanan dari "PT IDE DWI-EKA ADITEKNIK" serta kemampuan perusahaan dalam bersaing dengan perusahaan lainnya. Hasil analisis yang diperoleh melalui pendapat konsumen dalam penelitian ini adalah bahwa responden menganggap perlu bagi PT IDEA untuk dapat meningkatkan pelaksanaan Direct marketing secara keseluruhan dan meningkatkan pengetahuan tenaga penjual mengenai produk. |