Ketatnya persaingan otomotif dewasa ini serta naiknya harga BBM ( premium ) yang mencapai 87,5 % membuat setiap pelaku otomotif harus selalu mencermati keinginan pasar. Berangkat dari keadaan ini, penulis mencoba meneliti tingkat pelayanan yang diberikan oleh showroom mobil Honda Pondok Indah kepada konsumennya. Penulisan skripsi ini dilakukan dengan mengambil 100 responden pada konsumen showroom Mobil Honda Pondok Indah selama bulan Oktober. Untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen, penulis membandingkan skor antara harapan konsumen dengan kinerja perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan pada penulisan skripsi ini adalah Importance Performance Anylisis atau analisis tingkat kepentingan dan kinerja. Adapun variabel - variabel yang diteliti oleh penulis ada 10. Dari keseluruhan variabel ini, variabel keramahan staff penjualan, pemahaman staff penjualan terhadap produk dan keterampilan mekanik memiliki tingkat kinerja dibawah harapan. Sedangkan variabel kenyamanan showroom, garansi, dan kejujuran mekanik sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen. Sedangkan variabel potongan harga / hadiah langsung maupun delivery time dinilai sudah cukup oleh konsumen. Kemudian, variabel lainnya seperti alternatif pembiayaan dan ketersediaan suku cadang kinerjanya dinilai terlalu berlebihan. yang perlu lebih diperhatikan oleh perusahaan berkaitan dengan penelitian ini adalah keramahan staff penjualan, pemahaman staff penjualan serta keterampilan mekanik. |