Saat ini perkembangan fotografi mulai berkembang dengan pesat, dari kamera analog ke kamera digital Produsen mulai jeli melihat kebutuhan dan keinginan konsumen akan barang – barang yang serba instant dan praktis, maka timbullah fenomena digital. Dimana penulis melihatnya pada bidang fotografi, karena fenomena ini menurut penulis mempunyai dampak yang luar biasa pada pasar fotografi terhadap perbedaan antara kamera analog dan kamera dgital. Penulis menganalisis persepsi konsumen tersebut menggunakan pendekatan 4 P: Product, Price, Place dan Promotion. Untuk mengumpulkan data, penulis langsung mensurvey dengan cara menyebarkan kuisioner ke beberapa tempat di wilayah Jakarta, perkumpulan fotografi, sekolah fotografi, ekstra kulikuler fotografi di sekolah dan pada beberapa tempat umum yang tidak ada hubungannya dengan dunia fotografi. Dalam analisisnya penulis menggunakan metode OMS(Overall Mean Score) untuk menghitung hasil dari 100 orang responden yang disurvey oleh penulis. Penulis menganalisa bagaimana persepsi konsumen mengenai produk kamera digital dibandingkan dengan kamera analog. Hasil analisis menunjukkan bahwa konsumen lebih cenderung menggunakan kamera digital bila dibandingkan dengan kamera analog, dan didapat juga bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi prioritas konsumen dalam menggunakan dan membeli kamera digital mempunyai hasil yang sama, yaitu kualitas foto, kepraktisan dan fasilitas kamera merupakan faktor – faktor utama prioritas konsumen membeli kamera digital. |