Saat ini Perusahaan Yamaha merupakan produsen kendaraan motor pertama yang menciptakan motor matik khusus untuk wanita. Yamaha Mio merupakan pemimpin pasar khusus untuk produk motor matik. Salah satu strategi yang digunakan Yamaha adalah strategi segmentasi pasar, pasar sasaran, dan penempatan posisi. Strategi ini merupakan salah satu senjata yang cukup ampuh dalam menembus medan persaingan. Kalangan menengah kebawah dan motor untuk wanita merupakan segmentasi dari Yamaha Mio. Untuk penempatan posisi, perusahaan Yamaha berusaha menempatkan image (kesan) produk “Yamaha Mio” di benak konsumen sebagai produk yang menawarkan gaya hidup baru bagi wanita. Untuk mengetahui apakah strategi yang digunakan perusahaan masih relevan saat sekarang, maka penulis berusaha mengadakan penelitian. Adapun penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada seratus orang responden. Setelah data didapatkan kemudian diproses dengan menggunakan Chi Square (kai square). Melalui hasil pemrosesan data maka didapatkan hasil bahwa ternyata antara strategi yang digunakan perusahaan tidak jauh berbeda untuk keadaan saat ini. |