Tujuan penelitian ini untuk mengukur kepuasan konsumen terhadap produk pemutih wajah Pond’ s dilihat dari penilaian kinerja perusahaan terhadap kepentingan konsumen. Penulisan skripsi ini menggunakan metode data primer yang diperoleh dari jawaban kuesioner dengan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Judgemental Sampling dengan sampel berjumlah 100 responden pengguna produk Pond’ s di UNIKA Atma Jaya, Jakarta yang berlangsung dari tanggal 06 November 2006 sampai tanggal 18 November 2006. Dalam menganalisis menggunakan uji realibilitas, deskriptif (karakteristik responden), tingkat kesesuaian antara kinerja dengan kepentingan, serta menggunakan diagram kartesius. Kepuasan konsumen dapat diukur dengan membandingkan kinerja suatu produk dengan tingkat kepentingan konsumen dengan menggunakan variabel-variabel yang digunakan meliputi harga, desain kemasan, variasi isi, pemutih wajah, aroma/wangi, promosi, dan distribusi. Hasil diagram kartesius menunjukkan bahwa variabel-variabel yang dinilai sangat penting oleh konsumen sedangkan pelaksanaannya masih belum sesuai keinginan responden antara lain, harga dan aroma/wangi. Variabel-variabel yang perlu dipertahankan pelaksanaannya antara lain, variasi isi dan pemutih wajah. Variabel yang dianggap kurang penting bagi konsumen antara lain desain kemasan. Variabel-variabel yang tidak terlalu penting tapi oleh perusahaan dilakukan dengan sangat baik antara lain promosi dan distribusi. Sehingga disarankan perusahaan harus meningkatkan kinerja yang belum sesuai dengan kepentingan konsumen serta terus mempertahankan kinerja perusahaan yang dapat membuat konsumen tidak beralih ke produk pesaing. |