Peranan brand image sangat penting dalam kaitannya untuk memenangkan persaingan. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian mengenai brand image dari kulkas Sharp Plasmacluster. Berdasarkan produk tersebut, penulis menganalisis brand image yang terdiri dari empat komponen brand image, yakni asosiasi merek, favorability asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, dan keunikan asosiasi merek. Adapun metode analisis yang penulis gunakan untuk asosiasi merek, data dianalisis dengan Cohran test untuk mengetahui asosiasi-asosiasi yang membentuk brand image. Kemudian untuk favorability asosiasi merek, setelah data asosiasi diperoleh, baru dapat diketahui mengenai ada atau tidaknya pembentukan brand image. Sedangkan untuk kekuatan asosiasi merek, digunakan tabel distribusi frekuensi dan mean yang hasilnya dikategorikan untuk mengetahui gambaran kekuatan asosiasi merek. Terakhir untuk keunikan asosiasi merek, di analisis secara kualitatif dari informasi yang didapat. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa asosiasi yang terbentuk adalah diproduksi oleh perusahaan elektronik terkenal yakni PT Sharp Electronics Indonesia dan fitur unik. Kedua asosiasi tersebut membuktikan bahwa brand image telah ada dalam benak konsumen. Kekuatan asosiasi merek bernilai positif dan keunikan yang paling dirasakan oleh konsumen adalah bahwa kulkas Sharp Plasmacluster benar-benar dapat menghilangkan bau. |