Pada saat ini banyak sekali perusahaan – perusahaan yang bergerak dibidang industri kebutuhan rumah tangga seperti sabun yang menawarkan produknya kepasar, sehingga tingkat persaingan sangat ketat diantara perusahaan – perusahaan tersebut. Oleh karena itu, preferensi konsumen merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan karena tanpa adanya preferensi konsumen, perusahaan akan sangat sulit untuk bertahan dalam menghadapi persaingan. Sehubungan dengan hal itu, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui preferensi mahasiswa Atma Jaya terhadap produk sabun kesehatan Lifebuoy dan Nuvo. Dalam mengumpulkan data penulis menyebarkan 100 kuesioner secara acak kepada mahasiswa Atma Jaya Jakarta Fakultas Ekonomi, ke – 100 responden itu diambil berdasarkan rumus pengambilan sampel, serta penyebaran kuesionernya telah dilakukan pada 8 November 2005 sampai 14 November 2005 dan dilakukan pada siang hingga sore hari. Untuk menganalisis data, dipergunakan Analisis Statistik OMS ( Sampel Besar ). Adapun beberapa atribut – atribut yang dianalisis ialah Product ( Varian Produk, Wangi / Harum, Kegunaan / Fungsi, Warna / Kemasan, dan Daya Tahan ), Price ( Tingkat harga Produk ), Distribution ( Tingkat Distribusi Produk ), dan Promotion ( Desain Iklan Produk, Isi Pesan Produk, dan Slogan Produk ). Setelah dilakukan analisis preferensi terhadap kedua merek sabun kesehatan tersebut maka didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: responden lebih memilih produk sabun kesehatan Lifebuoy daripada Nuvo. Kemudian dilakukan pengukuran dengan menggunakan peta differensiasi semantik maka dapat diketahui bahwa atribut – atribut yang dimiliki oleh sabun kesehatan Lifebuoy lebih banyak yang unggul dari atribut – atribut yang dimiliki oleh sabun kesehatan Nuvo, maka dapat dikatakan juga bahwa sabun kesehatan Lifebuoy lebih unggul dari sabun kesehatan Nuvo. Oleh sebab itu agar produk sabun kesehatan Lifebuoy dapat terus unggul dari produk sabun kesehatan Nuvo, maka sabun kesehatan Lifebuoy harus tetap dapat mempertahankan kualitasnya serta konsumennya yang loyal. Sebaliknya untuk sabun Nuvo harus terus dapat meningkatkan dan memperbaharui lagi kualitas dari atribut – atribut produk yang dimilikinya serta dapat lebih inovatif lagi, agar dapat lebih menarik minat konsumen untuk membeli produk sabun Nuvo tersebut. |