Dalam penelitian ini, penulis mengangkat pokok permasalahan analisis pengaruh pengembangan produk terhadap volume penjualan pada Budi Andhika Salon & Day Spa. Menurut penulis, pengaruh antara pengembangan produk terhadap volume penjualan pada Budi Andhika Salon & Day Spa cukup besar. Berdasarkan hasil pengamatan, pengembangan produk berpengaruh terhadap penjualan. Berdasarkan hasil analisis uji statistik data pengembangan produk terhadap volume penjualan, penulis menyimpulkan ada hubungan yang kuat antara biaya pengembangan produk dan promosi terhadap penjualan. Dari hasil perhitungan, didapat hasil koefisien korelasi antara biaya pengembangan produk (X) terhadap total volume penjualan creambath dan hair spa (Y) bernilai 0,870. Angka ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan kuat antara biaya pengembangan produk (X) dan total volume penjualan creambath dan hair spa (Y). Selain itu, didapat persamaan regresi, yaitu Y = 16,180 + 3,401X. R Square (R²) adalah 0,756. Angka tersebut menunjukkan bahwa 75,6% total volume penjualan creambath dan hair spa (Y) pada Budi Andhika Salon & Day Spa dipengaruhi oleh biaya pengembangan produk, sedangkan sisanya, yaitu sebesar 24,4%, dipengaruhi oleh faktor lain. |