Beberapa tahun terakhir atau era tahun 1990-an, penggemar pizza luar biasa. Mulai dari anak kecil, muda-mudi, hingga orang tua. Begitu banyak penggemarnya, gerai pizza bertumbuhan bagaikan jamur. Dewasa ini, hampir dengan mudah ditemukan gerai pizza di hampir seluruh pelosok Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang dan Bogor, terutama di mal-mal bergengsi. Hal ini menuntut agar pengelola memberikan yang terbaik bagi para konsumen mereka. Sehubungan dengan hal ini, penulis melakukan penelitian mengenai pilihan konsumen yang tinggal di Komplek Pondok Labu Indah Jakarta Selatan terhadap restoran Pizza Hut atau Izzi Pizza. Untuk mengetahui atribut-atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih restoran Pizza Hut dan Izzi Pizza digunakan perhitungan MS (Mean Score), sedangkan untuk mengetahui pilihan konsumen digunakan uji peringkat bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut-atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen (responden) dalam memilih Pizza Hut adalah, keramahan karyawan dalam melayani, kebersihan restoran, dan variasi makanan yang banyak. Selain itu atribut-atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen (responden) dalam memilih Izzi Pizza adalah, interior restoran yang menarik, kebersihan restoran, dan temperatur restoran yang sejuk. Konsumen (responden) lebih memilih restoran Pizza Hut. |