Seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan otomotif, menyebabkan banyaknya jenis kendaraan baru yang dapat dipilih oleh para konsumen. Salah satunya adalah jenis kendaraan SUV. Para produsen otomotif dituntut agar dapat mengidentifikasi secara cermat atribut-atribut apa saja yang mendasari pilihan konsumen terhadap sebuah SUV. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan judul: Analisis Pilihan Konsumen terhadap Nissan X-Trail atau Honda CRV. Data dikumpulkan dengan cara membagikan 100 kuesioner kepada responden. Lokasi penyebaran adalah Nissan Pondok Indah, Honda Pondok Cabe, dan ajang otomotif Jakarta Motor Show. Penyebaran dilakukan dari tanggal 12-26 November 2006. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Adapun metode analisis data yang dipakai untuk penelitian ini ialah: (1) analisis reliabilitas, (2) Overall Mean Score (OMS), dan (3) uji Wilcoxon (sample besar). Dari analisis reliabilitas dengan menggunakan koefisien Alpha Cronbach, dapat disimpulkan bahwa Nissan X-Trail dan Honda CRV mempunyai reliabilitas yang baik. Dari hasil OMS dapat disimpulkan bahwa atribut dari Nissan XTrail lebih baik dari Honda CRV. Untuk uji Wilcoxon dapat disimpulkan bahwa konsumen lebih memilih Nissan X-Trail dibandingkan dengan Honda CRV. |