Target costing dapat didefinisikan dengan manajemen biaya yang digunakan oleh perencana selama desain produk dengan tujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan agar biaya produk pada waktu mendatang dapat dikurangi. Salah satu tujuan target costing adalah üntuk penentuan harga jual. Berdasarkan dan hash ana(isa, maka dengan menggunakan Target Costing PT. Mitrasarana Nusacipta dapat mencapal target laba yang lebih tinggi clan sebelumnya menjadi 11 % pada tingkat harga jual yang sama. Di dalam penerapan target costing bagi perusahaan dapat menimbulkan kelemahan sebagai berikut: a) Dalarn kenyataannya koordinasi di antara berbagal departemen belum tentu berjalan lancar dan b) Penentuan biaya pada target costing dhlakukan dan tahap perencanaan dan pengembangan produk, tetapi pada kenyataannya pada saat tahap produksi terdapat penyesuaian biaya. Akan tetapi dan hash penerapan target costing juga menghasilkan keuntungan bagi perusahaan sebagal berikut: a) Terdapat koordinasi yang balk antara berbagai departemen sehingga jika perusahaan ingin mengeluarkan dan mengembangkan produk baru maka sudah terdapat koordinasi yang balk antara berbagai departemen, sehingga waktu penerapan target costing sampal dengan tahap produksi produk baru tersebut tidak memakan waktu yang lama (agi dan b) Dengan penerapan target costing yang berjalan lancar maka perusahaan akan mendapatkan harga yang sangat bersaing dan kompetitif sehingga diharapkan produk tersebut dapat bersaing dengan produk lain di pasar. |