Dewasa ini semakin beragam produk investasi yang ditawarkan kepada masyarakat di Indonesia, khususnya di Jakarta. Salah satu produk investasi yang banyak ditawarkan kepada masyarakat adalah investasi dalam bursa berjangka. Salah satu investasi dalam perdagangan berjangka yang ditawarkan dewasa ini adalah investasi dalam mata uang asing atau foreign exchange (foreign exchange). Pemasaran untuk investasi dalam foreign exchange yang umum digunakan adalah dengan personal selling. Teknik personal selling ini bertuuan untuk membujuk investor menanamkan modalnya melalui pendekatan yang lebih intensif dari pihak pemasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah/strategi untuk melekukan personal selling yang efektif, pengetahuan yang bagaimanakah yang harus dimiliki oleh agen, seperti apakah kepribadan yang harus dimiliki oleh agen, keterampilan seperti apa sajakah yang dibutuhkan untuk melakukan personal selling yang efektif pada PT World Index Investment Futures. Teori yang digunakan sebagai landasan adalah teori mengenai personal selling menurut Philip Kotler dan ahli-ahli lainnya. Dalam penelitian ini digunakan teknik wawancara untuk memperoleh informasi langsung dari informan secara mendalam. Data yang diperoleh dari wawancara tersebut diolah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa untuk dapat melakukan kegiatan personal selling yang efektif, seorang agen pada PT World Index Investment Futures harus melaksanakan strategi/langkah-langkah personal selling yang efektif yang diterapkan, yang terbagi menjadi tujuh tahap , yaitu: data selection and analysis, making appointment, getting information, prospecting, follow up, closing, dan after sales service. Agen juga harus memiliki pengetahuan yang luas tentang produk dan dapat mempergunakan pengetahuan tentang produk itu sendiri, agen juga harus memiliki kepribadianyang supel, high confidence, dan berwibawa. Selain itu agen juga dituntut untuk memiliki keterampilan seperti ketrampilan mendengarkan secara efektif, kemampuan komunikasi yang baik, Ketrampilan memahami karakter konsumen, Ketrampilan dalam berpenampilan dan kemampuan mempengaruhi orang lain. |