Program acara televisi reality show di Indonesia sedang marak beberapa tahun terakhir ini, terutama pada tayangan reality show dengan kategori kompetisi penyaluran bakat. Adapun begitu banyak program serupa, salah satu program acara televisi reality show yang menjadi fokus penelitian ini adalah Indonesian Idol 3. Penelitian ini bertujuan menggambarkan persepsi remaja yang berkaitan dengan program acara televisi reality show Indonesian Idol 3. Penggambaran dari persepsi remaja melihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi yakni faktor situasional dan faktor personal. Di mana faktor situasional meliputi enam petunjuk, yaitu: deskripsi verbal, petunjuk proksemik, petunjuk kinesik, petunjuk paralinguistik dan petunjuk artifaktual; sedangkan faktor personal meliputi tiga kecermatan persepsi, yaitu: pengalaman, motivasi dan kepribadian. Adapun juga berkaitan dengan faktor lain, yaitu komunikasi pemasaran. Di mana termasuk dalam bauran komunikasi pemasaran. Data-data yang diperlukan untuk pembahasan persepsi remaja tentang tayangan Indonesian Idol 3 diperoleh melalui survei dan Focus Group Disscussion (FGD) di SMU Negeri 21 Jakarta. Dari proses turun lapangan tersebut diperoleh sebanyak 125 responden untuk survei dan 5 peserta FGD. Berdasarkan telaah yang dilakukan di SMU Negeri 21 Jakarta, ditemukan bahwa terdapat kecenderungan tertentu dari persepsi tentang Indonesian Idol 3 di kalangan remaja SMU, yaitu persepsi tentang program acara televisi Indonesian Idol 3 adalah menarik. |