Anda belum login :: 23 Nov 2024 12:19 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Stimuli terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Prasekolah  
Oleh: Andriany, Liesna
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Kongres Linguistik Nasional XII Surakarta, 3-6 September 2007: Kumpulan Makalah Ringkas, page 135-138.
Topik: pengaruh stimuli; pemerolehan bahasa anak.
Fulltext: 52b. Liesna Andriany-ML.pdf (157.56KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 MLI 2007
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 1)
    • Tandon: tidak ada
   Reserve Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertolak dari fenomena bahwa ada berbagai macam aspek pendidikan bahasa yang sangat mendesak mendapat perhatian kita. Salah satu di antaranya adalah pemerolehan bahasa, karena pertumbuhan dan perkembangan awal merupakan fase yang perlu mendapat perhatian. Fase prasekolah merupakan periode kritis bagi seorang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat signifikansi stimuli mempengaruhi pemerolehan bahasa anak prasekolah; untuk mengetahui perkembangan pemerolehan bahasa anak pada usia 4 tahun dari aspek pemerolehan kosa kata; dan untuk mengetahui apakah responden penelitian masih melakukan generasisasi terhadap makna benda yang memiliki karakteristik yang sama. Teori utama yang mempedomani penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh B.F.Skinner, pelopor kaum behaviorisme. Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 10 orang anak prasekolah yang berusia empat tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian stimuli terhadap anak dapat mengembangkan kosa kata dan semantik mereka. Pengaruh tersebut dapat dilihat setelah peneliti memberikan stimuli kepada mereka sebanyak lima kali.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)