Masalah yang dihadapi oleh Hotel XYZ adalah sistem penilaian kinerja yang selama ini diterapkan kurang akurat dan tidak menceminkan kinerja dari hotel yang sesungguhnya. Hal ini disebabkan pengukuran yang ada hanya berfokus pada aspek finansial, yang hanya sebagian kecil dari aspek yang seharusnya dianalisis untuk mendapatkan strategi management yang lebih baik. Oleh karena itu penulis merasa perlu untuk mengusulkan alternatif metode pengukuran yang lebih akurat dan mencakup berbagai aspek. Adapun metode yang dapat di pertimbangkan untuk dipergunakan adalah metode Balance Scorecards. Balance Scorecards mengukur kinerja dari empat perspektif, yaitu: pembelajaran dan pertumbuhan, proses bisnis intern, pelanggan, dan finansial. Penulis mensimulasikan penerapan Balance Scorecards pada Hotel XYZ dan membandingkannya dengan metode pengukuran kinerja yang sudah ada. Dari hasil simulasi Balance Scorecards diketahui kinerja Hotel XYZ sudah cukup memuaskan. Hal ini karena Balance Scorecards mengangkat aspek-aspek penting yang diabaikan oleh metode tradisional, sehingga pengukuran dengan Balance Scorecards lebih akurat dan pengukuran yang akurat sangatlah penting untuk management dalam proses perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan, serta mewujudkan visi dan misi hotel. Oleh sebab itu perlu diadakan pengkajian kembali terhadap sistem pengukuran kinerja yang ada dengan Balance Scorecards. |