Anda belum login :: 04 Dec 2024 00:53 WIB
Detail
ArtikelPengkajian Beasran Biaya Kecelakaan Lalu Lintas Atas Dasar Perhitungan Biaya Korban Kecelakaan Studi Kasus Bandung, Cirebon, dan Purwokerto  
Oleh: Sailendra, Agus Bari
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Jalan-Jembatan vol. 25 no. 1 (Apr. 2008), page 89-111.
Topik: Kecelakaan Lalu Lintas; Korban Kecelakaan; Gross Output; dan Human Capital Approach
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ9.2
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelHampir setiap tahun jumlah korban mati akibat kecelakaan lalulintas di Indonesia 10.000 orang, belum termasuk kerugian korban yang mengalami luka berat, luka ringan, dan kerugian material. Akibat kecelakaan tersebut adalah meningkatnya biaya yang harus dibayar oleh pengguna jalan, dan secara ekonomi menyebabkan penggunaan jalan, dan secara ekonomi menyebabkan penggunaan daya yang tidak efisien. Upaya-upaya untuk menangani kecelakaan, sebelum (prevention) dan setelah (reduction) terjadinya kecelakaan terus dilakukan. Walaupun demikian, hasil yang diperoleh belum maksimal karena belum mempertimbangkan pendekatan ekonomi. Salah satu pertimbangan yang diperlukan adalah mengenali manfaat yang diperoleh dari investasi yang digunakan untuk menangani kecelakaan Untuk maksud tersebut, suatu kajian tentang biaya-biaya kecelakaan, khususnya yang berdasarkan biaya-biaya yang dibayar oleh korban kecelakaan, dilakukan oleh Transport Research Laboratory (TRL,UK) bekerja sama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan pada tahun 1993. Kajian yang dilakukan menggunakan pendekatan Gross Output atau Human Capital Approach di tiga kota menunjukan bahwa nilai-nilai kecelakaan yang menyebabkan mati, luka berat, dan luka ringan berturut-turut adalah Rp.119.015.893,-, Rp.4.973.889,- dan Rp.946.56,- Sedangkan biaya-biaya yang terkait dengan kerusakan kendaraan dan biaya penanganan kecelakaan yang tidak dibahas pada kajian ini.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)