Anda belum login :: 27 Nov 2024 17:29 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Peer Evaluation bagi Direktur
Oleh:
Human Capital
(Editor)
Jenis:
Article from Bulletin/Magazine
Dalam koleksi:
Human Capital Magazine no. 49 (Apr. 2008)
,
page 54.
Topik:
Evaluation
;
SDM
;
Direktur
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
HH6.2
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Slah satu metode dalam penilaian kinerja, adalah dengan menggunakan 360 derajat. Penerpan ini memungkinkan seorang indivindu mendapatkan umpan balik tidak hanya dari atasan, tapi juga rekan sejawat (peer group) bahkan anak buah. Aktifitas ini sudah dianggap umum. Namun, bagaimana jika yang dinilai adalah puncak pimpinan perusahaan alias Board of Directors (BOD)?. Tentu akan sangat menarik. Beverly Behan, salah satu penulis buku Building Better Boards: Bluerint for Effective Governance menceritakan pengalamannya dalam menerapkan ini di perusahaan klie. Diungkapkan, bahwa awalnya penilaian antar direksi ini ditunjukan sebagai bahan pengembangan proffesional. Namun tampaknya berkembang menjadi penilaian terhadap aspek lainnya. Salah satu faktor yang mendorong praktek adalah kasus yang menghancurkan perusahaan dunia Enron serta kasus lainnya seperti Sarbanes Oxley Act, yang kesemuanya diakibatkan oleh pengambilan keputusan yang tidak tepat di jajaran pimpinan. Bahkan sebuah perusahaan terkemuka di Amerika sempat harus kehilangan dua orang direksinya sekaligus, sebagai dampak implementasi ini. Ternyata masukan dari rekan sejawat yang perlu ditanggapi serius. Namun beberapa perusahaan menganggap penilaian ini sangat membantu para direksi untuk dapat bekerja lebih efektif dan efisien.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)