Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:05 WIB
Detail
BukuPengaruh Motivasi Berprestasi, Sikap & Kebiasaan Belajar, Dan Situasi Belajar Asrama-Non Asrama Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMU (Penelitian Pada Siswa SMU Budi Mulia & SMU Gonzaga)
Bibliografi
Author: Bonang, Engelina Tanzil (Advisor); Louis, Stephannie
Topik: Motivasi Berprestasi. Sikap & Kebiasaan Belajar; Situasi Belajar; dan Prestasi Belajar.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-947
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Secara teoritis motivasi berprestasi, sikap & kebiasaan belajar serta situasi belajar mempengaruhi prestasi akademik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh dari motivasi berprestasi, sikap & kebiasaan belajar serta situasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMU, dimana situasi belajar dalam penelitian ini dibedakan atas situasi belajar siswa yang tinggal di asrama dan situasi belajar siswa yang non- asrama (tinggal di dalam keluarga masing-masing).
Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental, karena tidak dilakukan manipulasi variabel yang diteliti. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan menggunakan analisis Multiple Regression. Adapun pengambilan data dilakukan di SMU Gonzaga di Jakarta dan SMU Budi Mulia di Bogor, pada siswa kelas II. Pemilihan sampel pada SMU ini, dikarenakan pada SMU ini terdapat siswa yang tinggal di asrama yaitu siswa Seminari dan siswa non seminari yang tidak tinggal di asrama tetapi dengan keluarga masing-masing. Sedangkan sampel yang diikutsertakan sebanyak 116 orang, dengan proporsi sebanyak 80 orang siswa yang tidak tinggal di asrama dan 36 orang siswa yang tinggal di asrama.
Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan alat tes Prestatie Motivatie Test (PMT) yang disusun oleh Hermans (1961) dan Survey of Study Habit and Attitude (SSHA) yang disusun oleh Brown & Holtzman (1953). Sedangkan untuk data Prestasi Siswa dilihat berdasarkan nilai raport kelas II pada akhir tahun pelajaran yaitu pada catur wulan III.
Melalui perhitungan statistik, hasil yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat sumbangan yang signifikan dari motivasi berprestasi, sikap & kebiasaan belajar serta situasi belajar asrama-non asrama secara bersama-sama terhadap prestasi belajar dengan persentase varians yang dijelaskan sebesar 12.9 %. Motivasi berprestasi ternyata tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar, demikian pula sikap & kebiasaan belajar juga tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Hasil perhitungan menunjukan hanya situasi belajar asrama-non asrama yang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.140625 second(s)