Anda belum login :: 26 Nov 2024 18:03 WIB
Detail
BukuPerbedaan Tingkat Perkelahian antara Pelajar yang Memepunyai Pola Asuh Orangtua Autoritarian, Autoritatif dan Permisif (Study Terhadap SMAN 20)
Bibliografi
Author: Yenny ; Wibowo, Sudirgo (Advisor)
Topik: Pola Asuh; Perkelahian Pelajar
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2007    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-944
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Perkelahian pelajar sering terjadi diantara para pelajar, hal tersebut dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, tidak hanya pada waktu pulang sekolah bahkan pada saat jam sekolah pun dapat terjadi. Perkelahian pelajar adalah para pelajar yang ikut aktif berkelahi secara berkelompok untuk menyerang secara fisik kepada pelajar lain. Penyebab perkelahian pelajar terdiri dari beberapa faktor salah satunya adalah pola asuh orangtua, dimana dalam penelitian ini pola asuh orangtua dibagi dalam tiga tipe yaitu : autoritarian, autoritatif dan permisif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan tingkat pekelahian pada pelajar yang mempunyai pola asuh autoritarian, autiritatif dan permisif. Sampel penelitian adalah siswa SMAN 20 kelas I, II dan III yang berusia antara 15 sampai dengan 18 tahun. Tehnik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling, yaitu tehnik pengambilan sampel yang berdasarkan kemudahan karena tersedianya subjek penelitian yang sudah memnuhi karakteristik sampel (Kumar, 1999). Untuk pengolahan data digunakan tehnik one-way anova untuk menganalisa data karena dalam penelitian ini terdiri satu independent variable yang terdiri dari 3 grup subjek. Hasil penelitian didapati adanya hubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua dengan tingkat perkelahian pelajar. Saran penelitian untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar sampel lebih diperbanyak dan menggunakan metode lain untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam, serta saran praktis untuk Kepala Sekolah maupun guru pembimbing SMAN 20 yaitu memberikan informasi berupa penyuluhan tentang kerugian dan akibat dari perkelahian pelahar serta dampaknya bagi pelajar dan keluarga serta lingkungan, sekolah mengadakan kegiatan yang menggali kreatifitas para siswa sehingga mereka memiliki wadah untuk berapresiasi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)