Salah satu alat analisis yang dapat digunakan oleh manajemen dalam melakukan perenanaan laba adalah analisis CVP. Analisis CVP adalah analisis untuk melihat hubungan yang erat antara biaya, volume dan laba, serta berapa besar bauran penjualan yang dihasilkan akibat perubahan dari variabel-variabel tersebut terhadap laba perusahaan. Untuk dapat menentukan bauran penjualan yang lebih baik, maka digunakan analisis CVP. Dengan adanya analisis ini diharapkan manajemen dapat menilai apakah rencana-rencana yang telah ditetapkan, dapat dijalankan sesuai dengan tujuan semula. Selama ini PT X belum melakukan perhitungan bauran penjulan melalui analisis CVP. Bauran penjualan yang dihasilkan oleh perusahaan hanya berdasarkan pada pesanan pembelian dari konsumen-konsumen tetap perusahaan. Menurut perusahaan, laba yang optimal dapat diperiolehj apabila perusahaan mampu menjual sebanyak mungkin produk yang mereka hasilkan. Bauran penjualan yang dihasilkan oleh PT X belum tentu dapat mengoptimalkan laba perusahaan, sehingga perlu alat bantu lain yaitu analisis CVP. |