Anda belum login :: 27 Nov 2024 03:13 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Komunikasi Pemasaran Internal di Klinik Khusus Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Surabaya
Oleh:
Budisuari, Made Asri
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
MEDIKA: Jurnal Kedokteran Indonesia vol. 34 no. 01 (Jan. 2008)
,
page 28-33.
Topik:
komunikasi pemasaran internal
;
RSGM
;
kualitas pelayanan kesehatan
Ketersediaan
Perpustakaan FK
Nomor Panggil:
M40.K.2008.02
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Komunikasi pemasaran terpadu terdiri dari komunikasi interaktif, dan eksternal. Penelitian ini membahas tentang komunikasi pemasaran internal. Masalah pada Klinik Gigi Khusus Rumah Sakit Gigi dan Mulut adalah kurangnya pemanfaatan klinik tersebut. masalah tersebut diduga diduga disebabkan oleh karena kurangnya komunikasi pemasaran internal di klinik khusus RSGM. Seluruh kegiatan penelitian dilakukan di Klinik Khusus RSGM pada Februari sampai Desember 2003. Pangumpulan data primer dilakukan dengan wawancara kepada responden (direktur, manajer, koordinator, provider, dan petugas). Data sekunder diambil dari laporan klinik. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pada variabel komunikasi vertikal medik dari direktur ke manajer dan sebaliknya, kurang berjalan baik; variabel komunikasi vertikal nonmedik dari manajer ke koordinator informasinya tidak jelas; koordinator tidak mempunyai waktu melaksanakan tugas; koordinator tidak ikut menyusun SOP; variabel komunikasi horizontal nonmedik belum ada job description dan sistem shift provider. Disarankan RSGM melakukan survei pasar; melaksanakan komunikasi pemasaran internal dengan cara menyusun perencanaan, SOP, job description; dan menentukan target pemanfaatan klinik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)