Anda belum login :: 23 Nov 2024 22:06 WIB
Detail
BukuPenggunaan Multimedia (AVA) Untuk Meningkatkan Pemahaman Isi Cerita Siswa Kelas II SD RICCI II
Bibliografi
Author: Epiyani, Sofia ; Widjaja, Anny E. L. (Advisor)
Topik: Penggunaan Multimedia (AVA); Pemahaman isi cerita; Siswa Kelas II SD; SD RICCI II
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2006    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Sofia Epiyani's Undergraduated Theses.pdf (247.78KB; 23 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-014
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penggunaan Multimedia ( AVA ) adalah : menggunaankan beberapa jenis media ( visual, audio, audio visual ) sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran bercerita. Pemahaman isi cerita adalah : kemampuan yang dimiliki siswa dalam memahami isi cerita yaitu ( dapat menyebutkan judul cerita, menyebutkan nama-nama tokoh, menjelaskan alur cerita, menyebutkan tokoh baik dan tokoh jahat, dan menjelaskan akhir cerita ). Penggunaan Multimedia ( AVA ) dan Pemahaman isi cerita adalah pengguanaan dari beberapa jenis media ( visual, audio, audio visual ) sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran bercerita dengan tujuan agar siswa semakin memahami isi cerita yaitu dapat menyebutkan judul cerita, menyebutkan nama-nama tokoh, menjelaskan alur cerita, menyebutkan tokoh baik dan tokoh jahat, dan menjelaskan akhir dari cerita.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang biasa disebut Classroom Action Research. Yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran di kelas. Penelitian dilaksanakan melalui tiga siklus. Siklus I menggunakan media gambar, Siklus ke II menggunakan media kaset, Siklus ke III menggunakan media VCD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bercerita dengan menggunakan multimedia ( AVA ) dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang isi cerita. Hal ini terbukti bila guru menggunakan media audio ( kaset ) siswa dapat menyebutkan judul cerita, nama-nama tokoh, alur cerita, tokoh baik dan tokoh jahat, dan akhir cerita sebanyak 54 %. Hal ini disebabkan karena dengan mendengar siswa mudah lupa akan apa yang telah didengarnya. Dengan media visual ( gambar ) siswa dapat menyebutkan judul cerita, nama-nama tokoh, alur cerita, tokoh baik dan tokoh jahat, dan akhir cerita sebanyak 70%. Saat menggunakan media audio visual ( VCD ) siswa dapat menyebutkan judul cerita, nama-nama tokoh, alur cerita, tokoh baik dan tokoh jahat, dan akhir cerita sebanyak 84%. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan multimedia ( AVA ) dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi cerita. Dalam upaya meningkatkan pemahaman isi cerita, dikemukakan beberapa saran. Untuk kepala sekolah agar mengembalikan pelajaran bercerita menjadi bagian dari pelajaran Bahasa Indonesia. Untuk Yayasan agar menyediakan sarana dan prasarana yang memadahi, Untuk guru agar selalu menggunakan media dalam bercerita agar lebih menarik. Untuk peneliti lain yang berminat untuk melakukan penelitian mengenai tema bercerita, agar dapat meneliti dengan sudut pandang yang berbeda.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)