Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui peranan media komunikasi dan informasi audio visual dinamis (gambar gerak) dalam proses pembelajaran PAK SM, serta bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang harus diperhatikan oleh guru PAK SM dalam memanfaatkan media tersebut. Penetapan tujuan tersebut atas alasan dan pertimbangan berdasarkan fenomena yang aktual. Dalam pembelajaran PAK SM, guru mendapat tuntutan agar mampu menciptakan bentuk pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif, sesuai dengan harapan pendidikan sekarang yang dirumuskan dalam kurikulum baru yaitu kurikulum berbasis kompetensi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu metode yang sesuai untuk dipakai dalam meneliti masalah-masalah yang terjadi di masa sekarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Penelitian yang telah dilaksanakan di SMAK Sang Timur, Jakarta, menunjukkan bahwa media komunikasi dan informasi audio visual dinamis mampu berperan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Hal tersebut terbukti dari data yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 156 peserta didik sebagai responden penelitian. Sebagian besar responden merasakan bahwa pemanfaatan media komunikasi dan informasi audio visual dinamis mampu mendorong mereka memperoleh pengetahuan, pemahaman, serta mampu merangsang afeksi, minat, dan melatih keterampilan mereka dalam mengikuti pembelajaran PAK. Data tersebut mengindikasikan bahwa media komunikasi dan informasi audio visual dinamis menjadi salah-satu alternatif yang dapat digunakan oleh guru PAK SM untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun, pemanfaatan media tersebut memerlukan pengetahuan guru PAK mengenai faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan media tersebut. Berdasarkan wawancara dengan beberapa guru PAK SM di Jakarta, faktor-faktor yang harus diperhatikan adalah penyediaan ruangan khusus dan fasilitas penunjang lainnya, persiapan materi pelajaran yang baik dan terencana, serta keharusan bagi guru PAK SM untuk belajar dan berlatih secara terus menerus agar terbiasa menggunakan media tersebut. Media komunikasi dan informasi audio visual dinamis merupakan temuan teknologi yang oleh Gereja dapat digunakan dalam karya pastoral, termasuk pastoral di sekolah. Gereja menghimbau kepada seluruh pelaksana karya pewartaan iman, termasuk guru PAK agar senantiasa memperhatikan secara seksama manfaat dan daya guna media komunikasi dan informasi tersebut untuk dipakai pada pembinaan iman, termasuk pembelajaran PAK SM. Menanggapi himbauan tersebut, kiranya perlu dilaksanakan bentuk program pelatihan pemanfaatan media komunikasi dan informasi audio visual dinamis bagi guru PAK SM. Bentuk program pelatihan yang dilaksanakan dapat berupa penataran, seminar, pelatihan, studi literatur, dan program-program lainnya. Program pelatihan tersebut dapat membekali guru PAK SM agar dapat menciptakan bentuk pembelajaran yang efektif, sehingga melalui PAK, iman peserta didik dapat betumbuh dan berkembang serta menghasilkan buah limpah. |