Lingkungan toko (Store Environment) merupakan salah satu faktor penting untuk membuat konsumen merasa nyaman dalam berbelanja. Pengaturan toko yang sedemikian rupa dapat menarik perhatian pengunjung untuk berbelanja di ritel tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan toko Giant Hypermarket cabang Plaza Semanggi terhadap perilaku belanja kaum wanita. Penelitian yang dipakai adalah penelitian survei dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive (purposive sampling). Sampel penelitian ini yaitu 80 orang responden yang terdiri dari para mahasiswi, karyawati, dan ibu rumah tangga yang sedang berkunjung di Giant Hypermarket cabang Plaza Semanggi. Berdasarkan analisis korelasi Pearson Product Moment dan regresi linear, dapat diketahui bahwa lingkungan toko Giant Hypermarket cabang Plaza Semanggi tidak memiliki hubungan dan pengaruh yang kuat dengan perilaku belanja responden. Namun lingkungan toko memiliki hubungan dan pengaruh yang kuat dengan emosi yang dirasakan responden ketika berbelanja di Giant Hypermarket cabang Plaza Semanggi. F. Daftar Acuan: 16 buku, 2 artikel, dan 1 jurnal (1983 – 2005). |