Strategi Pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan dalam menawarkan produk atau jasanya, sangat menentukan keberhasilan sebuah perusahaan dalam bersaing, berkembang, dan bertahan hidup. Perusahaan dituntut untuk selalu bersikap aktif dalam mencari, menarik dan mempertahankan konsumen, baik yang lama maupun yang baru. Perusahaan juga harus dapat merencanakan, merancang, dan melaksanakan strategi pemasaran yang baik dan sesuai dengan pedoman yang berlaku bagi para produsen sehingga dapat secara efektif mengkomunikasikan, menawarkan, serta menjual produknya pada konsumen. Guna mempertahankan kelangsungan hidup dalam suatu persaingan bisnis di jaman moderen yang semakin lama semakin ketat ini, maka setiap perusahaan harus melaksanakan strategi pemasaran yang dianggap paling sesuai dengan jenis dan kondisi perusahaan masing-masing. Carmanita merupakan salah satu desainer batik dan perancang busana Indonesia yang tengah bersaing memasarkan usahanya melalui suatu perusahaan menengah yang bernama PT Amtrend Sentana Garment juga memilih strategi pemasaran yang dianggap paling baik dan sesuai. Baginya, strategi pemasaran sangat dibutuhkan untuk mengembangkan dan mempertahankan rancangannya di tengah masyarakat moderen yang terus berkembang. Usaha Carmanita dalam menjalankan strategi pemasaran di dalam perusahaanya menarik penulis untuk melakukan suatu penelitian dengan tujuan mendalami dan mempelajari strategi pemasaran apa yang digunakan Carmanita dan untuk melakukan pembuktian adanya keterkaitan antara penggunaan strategi pemasaran yang baik dalam mempertahankan keunggulan yang dimiliki Carmanita sebagai desainer batik ternama di Indonesia. Dalam penulisan ini, penulis mengumpulkan data-data dan keterangan dengan melakukan penelitian baik secara langsung maupun tidak langsung, namun penulis cenderung menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif. Analisa dilakukan dengan mendalami struktur perusahaan, analisa strategi, dan melakukan observasi pada implementasi strategi perusahaan dalam kehidupan nyata dengan melihat bagaimana perusahaan menganalisa situasi pasar, bagaimana mendesain strategi pemasaran dan melakukan pengembangan dari program pemasaran tersebut serta bagaimana pengawasan dalam implementasi dan pengelolaan strategi pemasaran tersebut. Dari hasil analisa yang dilakukan, penulis melakukan analisis SWOT untuk mengetahui apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari strategi pemasaran yang dilakukan sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pemasaran yang telah dijalankan PT Amtrend Sentana Garment sangat membantu untuk mempertahankan reputasi Carmanita sebagai perancang batik ternama di Indonesia dan membantu Carmanita untuk dapat terus mengembangkan dan memasarkan produknya pada masyarakat di tengah kehidupan masyarakat moderen ini. Akhir dari penulisan, penulis memberikan kesimpulan dari hasil analisa yang telah dilakukan dan memberikan saran yang membangun untuk PT Amtrend Sentana Garment untuk dapat terus berkembang dan bertahan untuk memasarkan karya-karya Carmanita. |