Dengan semakin meningkatnya ketertarikan masyarakat akan permen yang mengandung nilai-nilai gizi, maka perusahaan sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang kembang gula dan powder drink, mengeluarkan produk unggulan yaitu permen yang mengandung susu dengan merek “Milkita”. Seiring berjalannya waktu, timbul pesaing yang juga mengeluarkan permen dengan bahan susu. Banyak sekali merek merek baru muncul dengan image yang tidak jauh berbeda dari Milkita. Mengingat merek merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam pemasaran, maka perusahaan merasa perlu untuk melakukan penelitian untuk mengidentifikasi konsumen yang loyal terhadap produknya. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai asset-asset yang berhubungan dengan merek, salah satunya adalah ekuitas merek. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi posisi brand equity Milkita, melalui pengidentifikasian brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty serta merumuskan suatu strategi pemasaran yang kompetitif. Hasil analisa menunjukkan Milkita mempunyai Brand Awareness yang kuat karena menduduki posisi pertama pada analisa top of mind dan menduduki posisi kedua pada analisa brand recall. Brand Association menunjukkan 4 asosiasi yang membentuk brand image Milkita, yaitu desain kemasan yang menarik, rasa susu yang enak, mudah didapat dan tersedia dalam berbagai rasa. Hasil perhitungan nilai rata-rata keseluruhan persepsi kualitas adalah 3.312, sementara hasil rata-rata keseluruhan kepentingan atribut adalah 3.207, berarti Milkita dapat dikatakan berhasil memenuhi harapan pasar. Hasil analisa Brand Loyalty menunjukkan Milkita mempunyai 34% pembeli yang komit atau setia. Berdasarkan hasil analisa diatas, analisa kuadran dan analisa SWOT, maka penulis mengusulkan dilakukannya diversifikasi produk, pemberian hadiah langsung untuk pembelian permen bervolume besar, meningkatkan saluran distribusi dan promosi yang gencar. |