Anda belum login :: 23 Nov 2024 18:07 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Volume Lalu-Lintas Rencana untuk Geometrik dan Perkerasan Jalan
Oleh:
Iskandar, Hikmat
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Jalan-Jembatan vol. 24 no. 3 (Dec. 2007)
,
page 268-286.
Topik:
Kerusakan Jalan
;
Beban As Kendaraan
;
Muatan Sumbu Terberat
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
JJ9.1
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Indikasi kerusakan jalan banyak dituduhkan kepada penyebab utamanya, overloading khususnya kendaraan-kendaraan berat yang terjadi di jalur Pantura, pulau Jawa. Indikasi yang pernah terjadi, misalnya keruntuhan jembatan tipe Calender Hamilton “Cipunegara Lama” pada tahun 2003. Sekalipun demikian, berapa besar overloading kendaraan-kendaraan tersebut, sampai saat ini “belum” ada publikasi yang menguraikannya secara pasti. Makalah ini bermaksud menyajikan bahasan tentang perencanaan volume lalu-lintas yang meiingkupi landasan hukum dan metodologinya, baik untuk perencanaan geometrik maupun perkerasan jalan. Dari bahasannya, disimpulkan bahwa istilah overloading memiliki dua arti yang berbeda, pertama yaitu berat as kendaraan melampaui batas Muatan Sumbu Terberat (MST), dan yang kedua yaitu terjadinya kerusakan dini aki bat be ban rencana lalu-lintas dicapai lebih cepat darE yang diperkirakan. Untuk mengatasi masalah tersebut, disarankan untuk melakukan pengukuran volume lalu-lintas dan be ban kendaraan yang representatif sebagai dasar perencanaan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.046875 second(s)