Anda belum login :: 27 Nov 2024 06:27 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pendekatan Klarifikasi Nilai Dalam Pembelajaran dan Pembimbingan
Oleh:
Sinurat, R.H.Dj.
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi:
Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 14 no. 2 (Apr. 2004)
,
page 127-140.
Topik:
Nilai Hidup
;
Nilai Yang Sesungguhnya
;
Indikator Nilai
;
Klarifikasi Nilai
;
Proses Pembentukan Nilai
;
Menyusun Peringkat Nilai
;
Taraf Mengajar
;
Pernyataan Tentang Hasil Belajar
;
Respon Yang Asertif
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
WW32.4
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
W77
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Salah satu hal yang selalu dicari dan direnungkan dalam pen didikan adalah metode atau pendekatan yang tepat dalam pendidikan nilai. Tulisan ini bertolak dari pandangan Simon, Howe, dan Kirschenbaum (1978) yang menggolongkan pendekatan dalam pendidikan nilai menjadi empat, yaitu: memoralisasi (moralizing), bersikap membiarkan (a laissez-fair attitude), menjadi model (modeling), dan klarifikasi nilai (the values-clarification approach). Yang menjadi fokus perhatian dalam tulisan ini adalah pendekatan klarifikasi nilai dan respon yang asertif yang tepat digunakan dalam menanggapi perilaku pesenta didik yang tidak dapat diterima demi mempertegas nilai hidup yang mau dikembangkan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)