Anda belum login :: 27 Nov 2024 06:27 WIB
Detail
ArtikelPendekatan Klarifikasi Nilai Dalam Pembelajaran dan Pembimbingan  
Oleh: Sinurat, R.H.Dj.
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 14 no. 2 (Apr. 2004), page 127-140.
Topik: Nilai Hidup; Nilai Yang Sesungguhnya; Indikator Nilai; Klarifikasi Nilai; Proses Pembentukan Nilai; Menyusun Peringkat Nilai; Taraf Mengajar; Pernyataan Tentang Hasil Belajar; Respon Yang Asertif
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: WW32.4
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: W77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelSalah satu hal yang selalu dicari dan direnungkan dalam pen didikan adalah metode atau pendekatan yang tepat dalam pendidikan nilai. Tulisan ini bertolak dari pandangan Simon, Howe, dan Kirschenbaum (1978) yang menggolongkan pendekatan dalam pendidikan nilai menjadi empat, yaitu: memoralisasi (moralizing), bersikap membiarkan (a laissez-fair attitude), menjadi model (modeling), dan klarifikasi nilai (the values-clarification approach). Yang menjadi fokus perhatian dalam tulisan ini adalah pendekatan klarifikasi nilai dan respon yang asertif yang tepat digunakan dalam menanggapi perilaku pesenta didik yang tidak dapat diterima demi mempertegas nilai hidup yang mau dikembangkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)