Anda belum login :: 23 Nov 2024 14:18 WIB
Detail
ArtikelSifat Campuran Aspal Keras yang Mengandung Bitumen Absuton Untuk Konstruksi Campuran Beraspal  
Oleh: Affandi, Furqon
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Jalan-Jembatan vol. 24 no. 2 (Aug. 2007), page 130-146.
Topik: bitumen absuton; penetrasi; titik lembek; dynamic shear rheometer; deformasi; retak
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ9.1
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelAspal mempunyai campuran yang cukup besar dalam suatu campuran beraspal, karenanya penentuan grade aspal perlu disesuaikan dengan tempratur dimana aspal tersebut akan digunakan.Jenis aspal yang umum digunakan di Indonesia ialah aspal keras pen 60 disamping aspal lainnya seperti aspal polimer atau aspal yang dimodifikasi.Tulisan ini mengemukakan aspal keras pen 60 yang dimodifikasi dengan bitumen absuton yang sudah tidak mengandung mineralnya lagi, mengingat absuton merupakan kekayaan alam Indonesia dengan deposit yang cukup besar.Hasil pengkajian menunjukan penambahan bitumen absuton bisa menjadikan aspal lebih keras, lebih tahan terhadap tempratur tinggiyang ditunjkan dengan nilai titik lembeknya yang meningkat serta menjadi lebih kuat terhadap perubahan tempratur.Dengan melakukan pengujian Dynamic Shear Rheometer (DSR) pada campuran apal dengan berbagai kadar bitumen absuton, didapat suatu rentang tempratur penggunaan aspal yang sesuai untuk setiap campuran aspal yang mengandung bitumen absuton.Berkaitan dengan ketahanan terhadap deformasi permanen dan ketahanan terhadap retak fatigue (lelah).Aspal yang mengandung bitumen absuton mempunyai ketahanan terhadap retak dandeformasi pada tempratur yang lebih tinggi dibanding aspal keras tanpa bitumen absuton, sehingga campuran aspal denga bitumen absuton cocok untuk iklim tropis seperti Indonesia
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)