Anda belum login :: 23 Nov 2024 22:57 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Otonomi Penyediaan Buku Pelajaran
Oleh:
Sitepu, B.P.
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Analisis CSIS vol. 29 no. 3 (2000)
,
page 307.
Topik:
buku pelajaran
;
otonomi penyediaan
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
AA44.10
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Buku pelajaran mempunyai kedudukan dan fungsi yang strategis dan penting dalam upaya meningkatkan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan serta meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran. upaya pemerintah untuk menyediakan buku pelajaran pokok SD, SLTP dan SLTA secara cuma-cuma untuk setiap siswa ternyata masih mengalami masalah dalam pengadaan, penyaluran dan pemangatannya sehingga dana yang begitu besar untuk penyediaan buku pelajaran pokok itu tidak efektif dan efisien. Sementara itu kemajuan teknologi informasi dan komunikasi perlu dipertimbangkan dan dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran dan memberikan pengaruh dalam penentuan strategi pembelajaran, termasuk dalam penyusunan dan pemanfaatan buku pelajaran pokok. Otonomi daerah nampaknya merupakan salah satu solusi dalam mengatasi masalah penyediaan buku pelajaran pada umumnya dan buku pelajaran pokok pada khususnya. Dalam hubungannya dengan penyediaan buku pelajaran pokok, otonomi perlu dikembangkan sampai ke tingkat sekolah dengan memberdayakan kemampuan guru dan masyarakat setempat. kebijakan ini diharapkan juga dapat mendukung perkembangan industri buku secara nasional.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)