Anda belum login :: 23 Nov 2024 09:51 WIB
Detail
ArtikelAnalisi Penawaran Buah Apel Di Batu, Malang  
Oleh: Deras, Stefanus
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Media Unika Majalah Ilmiah Unika Santo Thomas Sumatera Utara vol. 1 no. 3 (1990), page 51-60.
Topik: Penawaran Buah Apel
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM19.1
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelSecara teknis agronomis, tanaman Apel (Mallus Sylvestris Mill) memiliki kelebihan teknologi produksi ketimbang tanaman buah-buahan lainnya. Dengan teknologi produksi ternyata pembuahan dapat dilakukan sepanjang masa yang kita inginkan, dalam arti tidak hanya pada dua musim panen secara alamiah saja. Melalui pengetrapan teknologi produksi ini ternyata dapat memberi supply yang konstan pada sepanjang tahun sehingga penjualan buah-buahan ini memberi kemungkinan besar memperoleh tingkat harga yang stabil dan menguntungkan bagi produsen. Tetapi meskipun demikian karena perusahaan tanaman ini sebagian besar diusahakan petani sebagai pertanian rakyat atau sebagai usahatani keluarga maka posisi petani sebagai produsen sering berada pada kedudukan yang lemah dalam penentuan harga maupun transaksi lainnya. Dalam berbagai keterbatasan ini, akan membawa pengaruh terhadap penawaran hasil usahataninya. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Batu-Malang pada beberapa petani yang ditarik secara acak sederhana. Analisis terhadap data dilakukan dengan memanfaatkan fungsi penawaran Cobb-Douglass dan pengujian hipotesis dilakukan terhadap model dengan uji F serta terhadap penduga-penduga parameternya dengan uji t. Hasil penelitian ini didapatkan: (1) Peubah bebas yang digunakan dalam model fungsi tersebut berpeluang menjelaskanvariasi pada peubah tak bebasnya penawaran buah apel sebesar 74,29%. (2) Harga buah apel, luas panen apel dan penjarangan buah apel berkorelasi positif dengan penawaran buah apel, sedangkan harga buah mangga, sistim penjualan dan musim penjualan berkorelasi negatif dengan penawaran buah apel. (3) Harga buah apel, luas panen dan penjarangan buah apel berpengaruh nyata terhadap penawaran buah apel, sedangkan harga buah pengganti mangga dan salak), sistim penjualan dan musim penjualantidak berpengaruh nyata terhadap penawaran buah apel hingga 90%.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)